Kamis, 18 Juli 2013

Khusus Papua dan pada Umumnya Indonesia Cagar Alam Pegunungan Arfak, Beragam Spesies Endemik

Kawasan Alam


Dengan status sebagai kawasan cagar alam Pegunungan Arfak, tak membuatnya luput dari tangan-tangan mengancam eksistensi keanekaragaman hayati di kawasan ini. Untuk seluruh masyarakat agar dijaga Cagar Alam Pegunungan Arfak
Tutupan hutan tropisnya membentang luas, terhampar memenuhi daratan rendah hingga ke puncak-puncak gunung yang menjulang tinggi.Kabupaten Pegunungan Arfak yang sekarang masuk dalam wilayah Provinsi Barat . Wilayah ini sudah menjadi rumah sekaligus bagi sederet spesies flora dan fauna unik penghuni kawasan ini.
Hamparan vegetasi hutan tropis di kawasan ini telah menjadi istana penyedia kehidupan bagi sedikitnya jiwa empat suku asli yang bermukim disini yakni; Hatam, Meyakh, Sough dan Moley.



                     saran burung maleo yang din ketemu di   derah pegunungan ARFAK


Pegunungan Arfak Papua. Beragamannya vegetasi tumbuhan liar membuat kawasan ini kaya akan tanaman berkhasiat obat yang bisa dikembangkan untuk menyebuhkan penyakit. Masyarakat Arfak sendiri memang telah memiliki pengetahuan tradisional dalam memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan tertentu sebagai penyembuh penyakit atau menjadi bahan ramuan pada ritual-ritual adat. Yang jelas, kawasan Pegunungan Arfak memang sangat memikat. Dengan karakteristik demikian, Pemerintah RI di tahun harus telah menetapkannya menjadi kawasan Cagar Alam (CA) Pegunungan Arfak melalui keputusan Menteri Kehutanan. Dalam keputusan itu ditetapkan bahwa kawasan ini memban di dalamnya. Keunggulan potensi alam yang darinya bernaung kehidupan sosial budaya tradisional suku Arfak, sesunguhnya membentuk daya pikat tersendiri. Rumah adat kaki seribu dan atraksi tarian ular suku Arfak sejauh ini masih menjadi daya tarik pariwisata bagi para penikmat budaya asli Papua. 


 salah satu burung pintar endemik papua

Soalnya kemolekan kawasan CA Pegunungan Arfak masih menyita rasa ingin tahu para peneliti. Namun sayang, ancaman tergerusnya eksotisme kawasan ini tetap saja ada. Aktivitas pembangunan dan wacana pemekaran wilayah yang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan kini menjadi tantangan terberat yang menghadang. Padahal, Pemda Kabupaten Manokwari dan Pemprov Barat (PB) mestinya menjamin status dan fungsi kawasan CA Pegunungan Arfak sebagai area konservasi, menyusul rencana pemekaran Kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan. “Yang terpenting bagaimana mempertahankan fungsi kawasan ini dan keasliannya bisa terjaga,” ujar yopie saiba,
Refrensi
Yopie Saiba,s.pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar