Rabu, 02 November 2011

DANAU ANGGI GIJI ARAFAK MANOKWARI

                                                            Oleh yopie saiba s.pd

anak sururey ambil gamabar karna pegunungan arfak mempunyai cagar alam yang indah dan kaya raya hasil yang mana masih dalam bungkusan .
Sajian pemandangan dua danau begitu fantastik dilihat dari puncak bukit Kobrey. Di sebelah kiri terlihat danau Anggi Giji dan di sisi kanannya danau Anggi Gita yang anggun mempesona. Pemandangan seperti ini hanya ada di sini, tidak ditemukan di tempat lain, menikmati dua danau dalam waktu bersamaan. Luar biasa!”


 
Keindahan belum selesai. Pemandangan menakjubkan lainnya juga terlihat di pinggiran danau Anggi Giji, yakni perkampungan di distrik Sururey. Kampung Sineremer yang diapit oleh pegunungan dan danau sehingga terlihat mempesona sekali.
Saat kami memasuki distrik Anggi Kampung Irayweri, kami disambut dan saling bertegur sapa dengan masyarakat di sana. Mereka sangat  ramah. Mereka pandai bercocok  tanam bunga-bunga dan sayuran. Kentang ,Wortel, Seledri, daun bawang bisa ditemukan dengan mudah di sana.
Rasanya, perjalanan yang memakan waktu hanya sehari tidak cukup untuk menikmati panorama di pegunungan Arfak. Terutama menyusuri dua danau Anggi. Terbetik janji suatu hari nanti akan kembali kepadamu, dan tinggal beberapa hari di sana. 








Menikmati Karya Alam Tiada Banding

pegunungan Arfak, yakni danau Anggi Giji dan Anggi Gita. Perjalanan yang cukup menantang ini dapat dilakukan dengan  kaki pegunungan Arfak yakni di distrik Ransiki dan  berhenti sejenak sekedar untuk belanja bekal makan nanti. Nasi kuning, telur, ikan dan kue-kue menjadi pilihan untuk kami bawah ke tempat tujuan. Situasi yang hangat di pasar tradisional juga saya manfaatkan untuk berbincang-bincang dengan masyarakat di sana sambil memotret aktifitas masyarat pasar tersebut. Ransiki dihuni oleh berbagai suku bangsa baik lokal maupun .

Sajian pemandangan dua danau begitu fantastik dilihat dari puncak bukit Kobrey. Di sebelah kiri terlihat danau Anggi Giji dan di sisi kanannya danau Anggi Gita yang anggun mempesona. Pemandangan seperti ini hanya ada di sini, tidak ditemukan di tempat lain, menikmati dua danau dalam waktu bersamaan. Luar biasa! Andapun dapat membayangkan dan merasakan keindahan kedua danau Anggi di bukit Kobrey tersebut. Selain itu, jejeran tumbuhan warna-warni yang terhampar lembut tertata-rapi di bukit Kobrey menambah indahnya pemandangan. Dari kejauhan, ada pula hamparan pasir putih di beberapa sisi pinggir danau. Mengabadikan kedua danau dari puncak Kobrey adalah hal yang tak henti-hentinya saya lakukan waktu itu, seakan ingin membawa keindahan karya alam ini saat kembali ke kediaman Penulis oleh yopie saiba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar