Jumat, 04 November 2011


                                                                   Oleh yopie saiba
Sarang Burung Maleo
Sarang maleo.Burung Maleo adalah burung endemik (hanya hidup secara alami di suatu kawasan) di Pegunungan Arfak Manokwari.
Nama ilmiah burung maleo adalah Macrocephalon yang berarti kepala besar. Burung Maleo memiliki tonjolan besar di atas kepala.
Tonjolan itu berfungsi untuk mendeteksi panas bumi guna menetaskan telurnya.


                                         Telur Maleo dikawasan pegununggan Arfak Manokwari

Oleh anak sakumi yaitu yopie saiba dan Arnor Saroy.saya dan adik saya jalan dari sakumi sampai di waikak sudah malam.sehingga bermalam sampai pagi kami masuk hutan mencari telur maleo dinumer sehingga kami dapat telur 7 butir di satu sarang.yopi menyatakan bahwa kita harus lindungi burung maleo dengan baik,karena salah satu burung maleo ini sangat endemik di papua.

Telur Burung Maleo
Ternyata burung Maleo memiliki telur yang besar, kira-kira 5 kali lebih besar dari telur ayam kampung.
Bisakah kamu bayangkan, betapa besarnya telur burung ini
Jumlah burung maleo sekarang ini diperkirakan kurang dari 10  ekor.
Makanya, satwa ini dinyatakan sebagai satwa yang dilindungi karena para pemburu liar sering sekali mengambil telur-telur Maleo seenaknya.




                                                            YOPIE SAIBA DAN ARNOR SAROY


yopie dan Arnor sedang gale sarng burung maleo di kaiboumot.sarng telur maleo sangat panas dan uap yang keluar dari sarang tersebut karena berfungsi untuk mempanskan telur tersebut,sehingga telur itu menetas sendiri dan hidup mandiri didalam sarang tersebut,hingga sudah dewasa akan kelur dari sarang mancari hidup sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar