yopie saiba
PROPOSAL
BANTUAN
BIAYA PENDIDIKAN
KOMUNITAS MAHASISWA MANOKAWRI JEMBER
JAWA TIMUR
2013
Nomor
:01/KMMJ/JT/VIII/2013
Kepada
Lampiran
: 1(Satu) Gabung Yth.
Bapak Bupati manokwar
Perihal
: Mohon Bantuan
Biaya di-
Pendidikan Manokwari
Salam
Sejahtera Dalam Tuhan Kita Yesus Kristus”
Sehubungan
dengan perihal di atas, maka kami selaku putra – putri Manokwari yang kuliah di kota Jember jawa
timur .Oleh
sebab itu, kami mengajukan permohonan bantuan dana pendidikan yang diselenggarakan oleh pemda Manokwari
setiap tahun sekali.
Sebagai
bahan pertimbanganm bapak, bersama ini kami lampirkan proposal, disertai dengan :
- Foto copy KTM dan surat aktif kuliah dari Perguruan Tinggi
- Daftar nama - nama mahasiswa serta fakultas atau jurusan
Demikian
proposal kami, atas perhatian dan bantuan bapak kami sampaikan terima kasih. “Tuhan
Yesus memberkati”
Jember, 07
Juni 2013
A.n Peserta
P
e m o h o n
YOPIE SAIBA
Koordinator
PROPOSAL
1.
LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan tanggung jawab
bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah karena pendidikan sangat
menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan jati diri bangsa.Untuk itu
dalam upaya memperbaiki kondisi bangsa, mempersiapkan dan meningkatkan
intelektualitas, profesionalisme dan wawasan SDM diperlukan motivasi yang
tinggi dengan memberikan kesempatan terhadap kader-kader terbaik bangsa
mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya, layak dan bermutu.
Dewasa ini sistem pendidikan
nasional menghadapi berbagai tantangan yang cukup besar dan mendasar,terutama
dalam konteks pembangunan masyarakat,Negara dan bangsa.Pada era globalisasi
ini,tantangan itu dirasakan sehubungan dengan keadaan dan permasalahan
diberbagai bidang kehidupan yang secara langsung memiliki kaitan dengan system
pendidikan nasional.Tantangan ini bersumber dari dua factor yang saling
berpengaruh,baik dari factor luar (ekstern) maupun factor dalam (intern).
Tantangan besar dalam
pendidikan nasional paling tidak meliputi tiga hal,yaitu:
1. Sebagai akibat krisis
ekonomi,dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil
pembangunan pendidikan yang telah dicapai.
2. Untuk mengantisipasi era
globalisasi ,dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan SDM yang kompeten
agar mampu bersaing dalam pasar kerja global.
3. Sejalan dengan
diberlakukannya otonomi daerah,system pendidikan nasional dituntut untuk
melakukan perubahan dan penyesuaian sehingga dapat mewujudkan proses pendidikan
yang demokratis,memperhatikan keberagaman,serta mendorong partisipasi
masyarakat.
Berdasarkan permasalahan dan
tantangannya tersebut,Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mulai merintis
berbagai upaya pembaharuan pendidikan nasional,diantaranya dengan lahirnya UU
No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.UU tersebut akan memberikan
dasar hokum untuk membangun pendidikan nasional dengan menerapkan berbagai
prinsip demokrasi,desentralisasi,otonomi keadilan,dan menjunjung tinggi hak
asasi manusia.Penerapan semua ketentuan dalam UU ini diharapkan akan dapat
mendukung segala upaya untuk memecahkan masalah pendidikan,yang pada gilirannya
akan dapat memberikan sumbangan yang signifikan terhadap masalah-masalah makro
bangsa Indonesia.
Tingkat human development index
(HDI) yang di miliki oleh Indonesia yang berada pada urutan ke-12 pada Tahun
2002 yang di keluarkan oleh UNDP merupakan indikator yang buruk menyangkut
kondisi tingkat kesejahteraan, kesalahan, pengangguran dan yang paling
menentukan adalah sektor pendidikan itu sendiri.
Untuk itu pemerintah menganjurkan
kepada masyarakat yang merasa tidak mampu untuk segera menyesekolahkan anaknya
sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Mengingat mahasiswa merupakan asset
nasional dan sumber daya insani yang strategis, maka perlu di berikan peluang
seluaas-luasnya untuk mengaktualisasikan dirinya secara utuh yaitu salah
satuya sebagai unsur terpelajar dari generasi muda, mahasiswa di harapkan
senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat
dan diberi peluang untuk turut serta dalam perkembangan nasional (GBHN 1999).
Kemajuan Era Globalisasi yang
semakin pesat, membuat manusia selalu bersaing guna untuk mengembangkan diri
dalam mengejar cita-citanya, untuk itu antara yang satu dengan yang lainnya
saling ketergantungan.
Sejarah pendidikan berbagai bangsa
mengajarkan kepada kita,bahwa pendidikan selalu mengalami perubahan dan
pembaharuan.Sementara orang seringkali menyebutkan baik secara sadar atau
secara tidak sadar,bahwa pendidikan dewasa ini merupakan perkembangan
pendidikan yang terjadi sebelumnya.Perkembangan yang telah dicapai merupakan
perwujudan potensi-potensi yang dimiliki dan berupa peningkatan kualitas maupun
kuantitas pendidikan menurut ukuran tertentu.Untuk perkembangan ini berupa
norma,tujuan yang dicita-citakan,kegunaannya secara praktis dalam hidup
bermasyarakat, nilainya dalam memperkembangkan harkat manusia seutuhnya dan
mutu kehidupannya,atau norma lain lagi yang diterima oleh masyarakat dan
bangsanya.
Perubahan pendidikan terjadi karena
adanya pengaruh-pengaruh yang saling memperkuat,yang akhirnya melahirkan
sesuatu yang baru. Erat kaitannya dengan perubahan dan perkembangan pendidikan
adalah pembaharuan pendidikan .Pembaharuan pendidikan merupakan perubahan
pendidikan yang berdasar atas usaha-usaha sadar,terencana,berpola dalam
pendidikan yang bertujuan untuk mengarahkan.Sesuai dengan kebutuhan yang
dihadapi dan tuntutan jamannya.Selain sebagai tanggapan terhadap masalah
pendidikan dan tuntutan jamannya,perubahan pendidikan juga merupakan usaha
aktif untuk mempersiapkan diri(hari esok) yang lebih memberi harapan sesuai
dengan cita-cita yang didambakan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan pembaharuan
pendidikan
Pandangan terhadap pendidikan. Pada hakekatnya usia pendidikan
sejajar dengan usia manusia sendiri.Manusia sebagai makhluk yang dapat dididik
dan harus dididik akan tumbuh menjadi manusia dewasa dengan proses pendidikan
yang di alaminya.Usaha dan tujuan pendidikan dilandasi oleh pandangan hidup
orang tua,lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan,masyarakat dan
bangsanya.Seperti telah kita ketahui ,bahwa kehidupan ini selalu mengalami
perubahan,tujuan pembangunan bangsa mengalami pergeseran dan peningkatan serta
perubahan sesuai dengan waktu,keadaan dan kondisinya.Dengan demikian pandangan
dan harapan orang terhadap pendidikan pada waktu kini dapat berlainan dengan
pandangan orang terhadap pendidikan masa lampau atau waktu yang akan datang.
Pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk yang cepat
menimbulkan akibat yang luas terhadap segala segi kehidupan termasuk dalam segi
kependidikan.Banyak masalah-masalah pendidikan yang berkaitan erat dengan
meledaknya jumlah anak usia sekolah.Masalah-masalah pendidikan yang kita hadapi
dapat dibedakan sebagai masalah kekurangan kesempatan belajar,masalah rendahnya
mutu pendidikan,masalah metidak sesuaian antara pendidikan dengan kebutuhan
masyarakat dan masalah efisiensi serta efektifitas pelaksanaan pendidikan.
Perkembangan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknik selalu
berkembang.Perkembangan ilmu secara akumulatif dan makin cepat
jalannya.Tanggapan yang biasa dilakukan dalam kependidikan terhadap
perkembangan ilmu ialah dengan memasukan penemuan dan teori baru ke dalam
kurikulum sekolah.Kenyataan timbulnya perkembangan ilmu yang cepat ini tidak
harus diikuti dengan penambahan kurikulum sekolah di luar kemampuan.Anak didik
pun tidak mungkin mampu mengikuti dan menguasai segenap penemuan baru dalam
dunia ilmu.Pertimbangan-pertimbangan ini mengingatkan kembali akan fungsi
sekolah yang semestinya dilakukan.Implikasi dari fungsi sekolah seperti
tersebut dahulu;maka sekolah tidak harus memasukkau penemuan dan teori-teori
baru dalam kehidupan yang kompleks ini ke dalam kurikulumnya,melainkan harus
mengajar siswa-siswa bagaimana belajar dan memecahkan masalah dalam kehidupan
mereka.
Tuntutan adanya proses pendidikan
yang relevan, Masalah
pendidikan yang dihadapi sangat kompleks.Adanya proses pendidikan yang relevan
dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi sangat diperlukan mengingat akan
keterbatasan dana pendidikan .Hal itu penting karena system sekolah dengan
segala kekurangannya ternyata memerlukan biaya amat besar.
pendidikan membutuhkan bantuan
dari semua sector kehidupan,namun akhirnya bantuan itu akan kembali.Pendidikan
mengundang warga negara terbaik tidak hanya untuk berpartisipasi dalam
melaksanakan kegiatan pendidikan yang sedang berlangsung,melainkan juga dalam
usaha meningkatkan mutu ,efisiensi dan produktifitasnya.
Tujuan Pembaharuan Pendidikan, Kehidupan manusia selalu mengalami
perubahan dan kebutuhannya meningkat sesuai dengan perkembangannya.Tingkat
kemajuan suatu bangsa juga dapat ditinjau dari tingkat pendidikan
rakyatnya.Tidak mengherankan,bahwa Negara-negara maju juga memperhatikan usaha
pendidikan yang sesuai dengan kemajuan yang dicapai.Setiap masalah pendidikan
berkaitan erat dengan segi kehidupan yang lain.Masalahnya bersifat
kompleks,sesuai dengan kehidupan masyarakatnya.Seberapa besar keterikatan suatu
masalah pendidikan dengan masalah ekonomi atau masalah social lain dalam masyarakatnya,secara
sederhana masalah pendidikan dapat dikelompokkan kedalam empat jenis,yaitu:
1.
Masalah pemerataan,
2.
Masalah mutu,
3.
Masalah efektifitas dan relevansi,dan,
4.
Masalah efisiensi.
Pembaharuan pendidikan sebagai
perspektif baru dalam dunia kependidikan mulai dirintis sebagai alternatife
untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang belum dapat diatasi dengan
cara yang konvensional scara tuntas.Jadi pembaharuan pendidikan dilakukan untuk
memecahkan masalah PENDIDIKAN dan menyongsong arah perkembangan dunia
kependidikan yang lebih memberikan harapan kemajuan lebih pesat.
Pelaksanaan Wajib Belajar Di Daerah,
Undang-Undang Dasar kita mengatakan
bahwa tiap waganegara berhak untuk mendapatkan pendidikan. Ujung tombak
pelaksanaan UUD tersebut ialah di daerah.Seperti juga bunyi UU Otonomi Daerah
No.32,pendidikan dasar dan menengah telah diserahkan kedaerah.Pelaksanaan
pendidikan dasar yang bebas untuk semua orang merupakan perwujud dan dari
deklarasi hak-hak asasi manusia PBB pada tahun 1948.Hak asasi untuk memperoleh
pendidikan ini kemudian diperkuat dengan Keputusan Konperensi UNESCO di Yom
Tien(Thailand) pada tahun 1990 dan Konperensi Dakkar.
Tuntutan-tuntutan pelaksanaan wajib belajar untuk semua di
daerah merupakan wewenang pemerintah daerah.Untuk melaksanakan hal tersebut
tentunya pemerintah daerah, perlu menyediakan dana yang cukup sebagaimana yang
diminta oleh UUD 1945.Tentunya tugas pemerintah pusat adalah membantu hal-hal
yang merupakan tanggung jawab pemerintah pusat seperti isi kurikulum yang
menjamin kesatuan bangsa.Demikian pula dalam rangka penilaian tenaga guru yang
professional meminta bimbingan dan intervensi pemerintah pusat.Pusat-pusat
pendidikan tenaga guru professional tentunya dapat dilaksanakan oleh daerah baik
oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.
Mahasiswa adalah orang-orang yang belajar di perguruan
tinggi guna mengembangkan kreativitas cakrawala berpikir guna untuk kemajuan
Manokwari ke depannya, dengan UUD No. 2 Tahun 1994 sesuai dengan penjelasan
umum di atas terwujudnya pendidikan nasional pranata social yang kuat dan
beribawa untuk memperdayakan semua warga Indonesia agar berkembang menjadi
manusia yang berkualitas sehingga mampu pro aktif menjawab tantangan zaman yang
selalu berubah yang semakin hari semakin terpuruk oleh keadaan yang tidak layak
di jadikan sebuah kehidupan.
TUJUAN
DAN SASARAN
1.
Tujuan
Proposal ini adalah untuk mengajukan permohonan bantuan
biaya pendidikan (beasiswa) kepada instansi pemerintah, terutama kepada
Bapak Bupati manokwari, para donatur, sponsor atau lembaga-lembaga terkait yang
peduli dan memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi terhadap
masalah-masalah pendidikan dan peningkatan SDM.
2.
Sasaran
Untuk membantu meringankan beban orang tua di dalam
membayar uang SPP serta administrasi lainnya dan demi kelangsungan proses
belajar (perkuliahan), berbagai UNIVERSITAS di Kota Jember Jawa Timur. Oleh
karena itu kami mengharapkan kepada
pihak instansi pemerintah dapat memberikan bantuannya dengan penuh kemurahan
hati untuk membantu meringankan beban orang tua kami dan kami mengucapkan
terimah kasih yang sebesar-besarnya.
LANDASAN
Adapun tujuan dan landasan kami dari proposal ini adalah
sesuai dengan :
a.
Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan.
b.
Surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia No.
155/U/1998 tentang petunjuk penyelenggaraan kemahasiswaan.
c.
pembaharuan pendidikan nasional,diantaranya dengan lahirnya UU No.20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.UU
d.
Pelaksanaan wajib belajar di daerah sudah diatur UUD kita yang mengatakan bahwa
tiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan dan ujung tombak
pelaksanaan UUD tersebut ialah di daerah seperti juga bunyi UU Otonomi Daerah
No.32 tahun 2003,pendidikan dasar dan menengah telah diserahkan di
daerah.Pelaksanaan pendidikan dasar yang untuk semua orang merupakan perwujudan
dari deklarasi hak-hak asasi manusia PBB pada tahun 1945.
PENUTUP
Demikianlah proposal bantuan biaya
pendidikan (beasiswa) ini di ajukan dengan harapan mendapat perhatian dan
bantuan dari instansi pemerintah terutama kepada Bapak Bupati Manokwari, para
donatur/sponsor/masyarakat maupun berbagai pihak yang peduli dengan dunia
pendidikan demi keberlanjutan kami menyelesaikan study.
Atas segala perhatian, bantuan
dan kemurahan hati Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan
penghargaan yang setulus-tulusnya.
Jember, 25 Agustus 2013
Mengetahui
Badan
pengurus
Ketua sekretaris
(YOPIE SAIBA )
(GERSON KOWI)
KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA, AWAL JADI HONORER SEKARANG SAYA SUDAH JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR
BalasHapusYANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DR HERMAN M. SI NO HP BELIAU 0853-2174-0123
Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL
Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123
KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...